Fakta Mencengangkan di Balik Sepak Terjang Hacker Indonesia

March 17th, 2018 by chenyusti Leave a reply »

hacker indonesia ditakuti dunia

Kemampuan sumber daya Indonesia di bidang teknologi memang tidak dapat diremehkan. Entah percaya atau tidak, para hacker Indonesia cukup terkenal dan amat ditakuti dunia. Bekerja dalam senyap dan tidak terdeteksi seringkali membuat sepak terjang mereka tidak diketahui kecuali oleh sang korban sendiri. Namun ternyata bukan hanya situs tanah air saja yang diretas oleh hacker Tanah Air, situs luar negeri baik situs perusahaan hingga pemerintahan telah menjadi korbannya.

Di mata dunia, Hacker Indonesia dikenal berbahaya dan tidak akan segan-segan melakukan perilaku cybercrime untuk membobol sistem atau mencuri data. Nah apa saja sih yang membuat Hacker Indonesia begitu ditakuti dunia? Berikut ini 5 fakta menarik yang harus kamu ketahui.

Masih Muda dan Memiliki Kemampuan Hebat

Indonesia memiliki sumber daya manusia yang sebenarnya jago dan ahli dalam berbagai bidang, salah satunya adalah kemampuan IT. Namun ternyata selain memiliki kemampuan tinggi, Hacker tersebut juga masih muda. Hal ini dapat dilihat dari Hacker Tanah Air yang beberapa kali terciduk belakangan adalah para pemuda dan mahasiswa. Wah jangan main-main sama mereka ya kalau tidak diretas.

Memiliki Komunitas dan Tidak Hanya Satu

Belakangan ini memang banyak sekali Hacker yang ditangkap oleh pihak berwajib baik karena masalah pembobolan maupun manipulasi berita Hoax. Bahkan Rudi Lumanto selaku Ketua Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII) mengatakan bahwa Indonesia menempati urutan pertama dengan persentase 38% sebagai negara dengan jumlah hacker terbanyak disusul Tiongkok, Amerika Serikat, Taiwan, Turki, India dan Rusia.

Dengan jumlah sebanyak ini tentunya Hacker Indonesia juga memiliki banyak komunitas tempat mereka berbagi ilmu dan pengalaman. Nah yang lebih mengejutkan adalah kebanyakan dari mereka belajar melalui tutorial yang didapat di internet, YouTube maupun buku.

Beberapa Hacker Fenomenal ternyata Belajar Otodidak

Seperti telah disebutkan di atas, para hacker tanah air ternyata kebanyakan belajar dari otodidak. Nah sebagian dari mereka telah mencapai level fenomenal karena beberapa ulah yang dibuat mereka. Salah satu Hacker Indonesia yang paling fenomenal adalah Jim Geovedi. Tidak hanya meretas, ia bahkan bisa menggeser posisi satelit tersebut sesuai keinginannya.

Kemudian ada juga Sultan Haikal, namanya pernah viral beberapa tahun lalu. Ia adalah hacker lulusan SMP berusia 19 tahun, dirinya berhasil meretas situs Tiket.com yang mengakibatkan kerugian sebesar 4,1 Milyar. Kemampuan keduanya telah diakui secara internasional, padahal mereka hanya belajar secara otodidak loh.

Website Negara Lain Bukan Hal Sulit untuk Diretas

Hacker tanah air ini sudah diakui negara lain dalam hal meretas situs dan website negara lain. Jumlah situs yang diretas oleh Hacker Indonesia juga sudah tidak terhitung banyaknya. Insiden bendera terbalik pada ajang SEA Games 2017 juga membuat Hacker asal Indonesia menunjukkan kemampuannya meretas situs Malaysia. Selain itu, situs resmi boyband Korea BTS juga pernah diretas oleh hacker Indonesia pada 2017 lalu.

FBIpun Ikut Mewaspadai Hacker Indonesia

Kasus terbaru adalah kasus peretasan yang dilakukan tiga mahasiswa asal Indonesia. Para mahasiswa jurusan teknologi informasi tersebut disebut telah merusak sistem elektronik Pemerintah Kota Los Angeles (LA), Ameriksa Serikat.

Berdasarkan bukti yang dimiliki, para Hacker muda ini telah menyerang lebih dari 3.000 sistem elektronik di sejumlah negara di dunia yaitu Thailand, Australia, Jerman, Prancis, Inggris, Swedia, Taiwan, China, Italia, Kanada, Korea Selatan, India, Singapura, Spanyol, Hongkong, Dubai, Belanda, hingga Rusia.

Hal ini tentunya membuat dunia kewalahan dan FBI ikut turun tangan. FBI meminta data kepada Tim Satgas Cyber Polda Metro Jaya untuk menangkap ketiganya dalam kurun dua bulan.

 

Nah itulah beberapa fakta mencengangkan di balik sepak terjang Hacker Indonesia. Jika kamu selalu penasaran dengan berita teknologi dari dalam dan luar negeri, jangan lupa untuk membaca informasi terbaru di website ini ya.

Advertisement

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.