Mengenal Pengertian Hosting dan Domain Website dengan Mudah

December 6th, 2014 by chenyusti Leave a reply »

company profile

Memiliki internet untuk mengakses sosial media maupun website mungkin telah menjadi kebiasaan yang wajar saat ini. Namun ternyata banyak orang yang mengakses website tidak mengenal istilah hosting dan domain. Hal lebih mengejutkan ternyata saya dapatkan ketika bertanya kepada beberapa teman saya di jurusan teknologi informasi (dibaca : aiti) yang nyatanya juga tidak mengerti perbedaan dua kata tersebut (at least di awal semester kuliah).

Oleh sebab itu, kali ini saya ingin membahas sedikit tentang pengertian dan perbedaan antara hosting, dan domain website disini. Tujuannya sih gampang, supaya ga terlalu keliatan bego ketika ditanya sama orang lain aja sih (terutama untuk anak aiti). Nah berikut ini adalah perbedaan antara hosting dan domain web :

Pengertian hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet dalam bentuk HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS.

Sedangkan pengertian domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server tanpa harus mengenal deretan angka rumit yang dikenal sebagai alamat IP.

Nah jika kalian mungkin masih belum mengerti dengan pengertian hosting dan domain tersebut karena bahasanya seperti bahasa dewa, mari kita permudah saja dengan contoh.

Mari kita anggap bahwa hosting adalah sebuah kavling atau luas tanah, sedangkan domain adalah sebuah alamat. Jika anda ingin membangun sebuah rumah (website), maka luas tanah anda tersebut akan menentukan seberapa besar rumah yang dapat anda buat, sedangkan alamat tersebut adalah alat untuk mempermudah orang lain menemukan rumah anda. Kenapa mempermudah? Karena sebenarnya tanpa alamat rumah (domain) pun, rumah tersebut akan tetap ada dan anda dapat menemukan rumah tersebut bukan? Hanya saja akan lebih sulit, sebagai contoh untuk mengakses website google sebenarnya anda dapat mengetikan 173.194.39.19 di browser anda, alih-alih mengetik www.google.com.

Nah sekian sedikit penjelasan mengenai perbedaan hosting dan domain dalam sebuah website. Jika anda tertarik untuk membuat website pribadi anda sendiri, berikut tips membuat website company profile keren yang dapat pelajari dengan mudah.

Advertisement

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.